Thursday, October 12, 2017

SMP Karya Bhakti Bandung,berupaya memaksimalkan peran perpustakaan

Belajar tidak serta merta harus dalam ruangan kelas, dimanapun dan dalam kondisi apapun bisa belajar. sumber belajar yang berpusat pada guru, dan terbatas dalam ruang kelas saja tidak akan efektif dalam menyerap informasi. karenanya harus dilakukan kreasi agar siswa terbiasa belajar dengan suasana berbeda. Bisa belajar sambil duduk beralaskan tikar, karpet atau duduk dimeja. bisa diruangan, bisa outdor, bisa di alam dan sebagainya. sehingga berbagai kondisi tersebut bisa merangsang kreatifitas siswa. 
Dari segi sumber belajar disekolah yang harus dioptimalkan yakni fungsi perpustakaan. Jangan sampai perpustakaan ditinggalkan siswa karena sumber belajar sudah sangat variatif secara online. Membiasakan siswa untuk betah di perpustakaan harus di design secara baik, seperti diawali belajar diruang perpustakaan, mencari sumber informasi dari buku-buku yang ada diperpustakaan, atau hal -hal yang meningkatkan intensitas berhubungan dengan perpustakaan baik buku sumber belajar atau lainnya. hal ini diharapkan bisa menanamkan rasa suka terhadap perpustakaan, atau aktifitas diperpustakaan terutama membaca dan menjadi tempat mencari bahan sumber belajar.  
Karena itu SMP karya Bhakti dalam hal ini dimotori oleh Ibu Dra. Tien Wartini sebagai penanggung jawab perpustakaan SMP/SMK Karya Bhakti, berupaya mendekatkan perpustakaan kepada siswa. sebagai wujud optimalisasi peran perpustakaan, Agar tumbuh kecintaan pada perpustakaan dan budaya literasi dikalangan siswa/wi SMP/SMK Karya Bhakti.

No comments:

Post a Comment